Space Iklan Website Murah

Pasang Iklan Di Sini

35 Mata Kuliah Manajemen, Berikut Peluang Kerja & Universitas Terbaiknya

Mata Kuliah Manajemen

BangsaMahasiswa.com - Tahukah anda, bahwa Mata kuliah jurusan Manajemen mempelajari berbagai proses dalam pembuatan, pengendalian, perencanaan, serta melakukan kepemimpinan terhadap berbagai usaha di dalam suatu organisasi maupun peruhaan,

Mungkin sudah tidak asing lagi di telinga kita, bahwa ilmu fakultas manajemen dan bisnis merupakan dua jurusan yang banyak diincar oleh setiap calon mahasiswa. Hal tersebut didasari oleh alasan-alasan tertentu bagi setiap perusahaan.

Setiap ahli manajemen pasti akan dibutuhkan oleh sebuah perusahaan, baik itu untuk mengatur keuangan, miasl pemasukan dan pengeluaran, pengelolaan barang, jasa Dll. Mungkin sobat bangsa mahasiswa sudah mengetahui hal itu.

Mata kuliah manajemen merupakan salah satu ilmu yang mempelajari suatu konteks dari kehidupan sehari-hari maupun pekerjaan. Seperti perencanaan, pembukuan dan semua hal yang bersangkutan dengan manajemen.

Setiap Universitas akan menjadi buruan bagi setiap calon mahasiswa jika terdapat jurusan Manajemen di dalamnya. Namun Apakah anda tahu, Apa saja mata kuliah manajemen yang nantinya akan anda pelajari di saat sudah menjadi mahasiswa?

Dan kenapa sih kok harus jurusan Manajemen? Di dalam artikel ini telah kami bahas lengkap mengenai hal apa saja yang bersangkutan dengan mata kuliah manajemen. Seperti mata kuliahnya, peluang kerjanya, universitas terbaiknya dan masih banyak lagi.

Apa Itu Manajemen, Mengapa Menjadi Pilihan?

Mata Kuliah Manajemen

Mungkin anda pernah berpikir bahwa pelajaran manajemen akan cenderung pada suatu hal yang bersifat praktek dan hafalan. Namun pada kenyataannya tidaklah demikian, anda akan fokus pada materi perhitungan dan hafalan.

Kedua materi tersebut seimbang, artinya sama-sama menjadi pusat fokus di dalam mata kuliah manajemen, untuk selengkapnya sudah kami bagikan di artikel ini. Berikut 6 materi dasar yang harus diketahui oleh Mahasiswa Manajemen.

1. Manajemen Keuangan

Ahli manajemen keuangan adalah salah satu opsi yang sangat dibutuhkan oleh sebuah perusahaan, terutama perusahaan besar. Hampir tidak pernah kami temukan adanya perusahaan yang tidak memiliki seorang ahli manajemen di dalamnya.

pekerjaan ini menugaskan seorang ahli manajemen untuk mengatur keuangan di dalam sebuah perusahaan baik itu uang masuk maupun keluar. Ahli manajemen keuangan harus bisa menstabilkan kedua hal tersebut.

2. Manajemen SDM

Nah, sedikit berbeda dengan manajemen keuangan, seorang ahli manajemen SDM akan berfokus pada sumber daya manusia. Ada banyak faktor yang terkait dengan hal ini, salah satunya adalah manajemen waktu.

Seorang ahli managemen SDM berpeluang besar untuk menjadi HRD di sebuah perusahaan. Pastinya anda sudah mengetahui, apa saja tugas-tugas yang diberikan kepada seorang HRD. Setiap perusahaan membutuhkan seorang HRD disaat perekrutan karyawan.

3. Manajemen Operasional

Sangat berbeda dengan 2 topik diatas, seorang manajemen operasional memiliki tugas yang hampir 100 persen berada di lapangan, bukan di tempat bermain futsal ya. Yang kami maksud itu diluar dari pada staf-staf yang bekerja didalam ruangan khusus.

Setiap ahli manajemen operasional akan ditugaskan untuk melakukan analisa terhadap suatu produk yang dibuat, dikembangkan dan dipasarkan oleh sebuah perusahaan. Bahkan proses pengiriman barang juga menadi tanggung jawab seorang ahli manajemen operasional.

4. Manajemen Perbankan

Bagi anda yang memiliki cita-cita menjadi seorang karyawan Bank, jurusan manajemen perbankan seharusnya akan sangat cocok untuk anda. Ahli manajemen perbankan akan selalu dibutuhkan oleh perusahaan yang bergerak di bidang Perbankan.

Perluang kerjanya juga terbilang cukup bagus, apalagi hampir disetiap daerah yang ada di Indonesia memiliki Bank Daerahnya masing-masing. Anda bisa saja menjadi seorang Manajer Bank jika mengambil jurusan kuliah fakultas Perbankan.

5. Manajemen Pemasaran

Setiap perusahaan pasti memiliki ahli marketingnya masing-masing, sebut saja Marketer atau seseorang yang ahli dalam bertugas sebagai pengelola sistem pemasaran suatu produk. ahli mareketing sangat dibutuhkan oleh perusahaan besar.

Seperti yang bisa kita lihat, saat ini persaingan di dunia pemasaran produk sedang gencar-gencarnya. Misalnya saja antara Shopee, Lazada, Tokopedia dan beberapa platfrom marketpleace lainnya, sudah pasti ada ahli marketing dibelakangnya.

6. Manajemen Bisnis

Apakah anda memiliki angan untuk menjadi seorang pembisnis? Jika iya, kami rasa jurusan Manajamen bisnis akan sangat cocok untuk anda. Seorang ahli manajemen bisnis juga banyak dibutuhkan oleh perusahaan besar, untuk dijadikan sebagai konsultan bisnis.

Persaingan di dunia bisnis semakin berkembang, baik itu bisnis online maupun offline. Ilmu manajemen bisnis menjadi salah satu faktor utama di dalam kesuksesan seorang pembisnis, apalagi jika ia ingin terjun ke bisnis jualan online.

Baca Juga: Cara Mengecek Status Mahasiswa Dengan Mudah & Lengkap

Mata Kuliah Jurusan Manajemen

Mata Kuliah Manajemen
Setiap ahli manajemen pasti akan mempelajari sebuah materi yang berkaitan dengan pengelolaan sebuah perusahaan maupun organisasi. Yang mana hal tersebut masih berkaitan dengan ilmu perbisnisan.

Bidang ilmu atau materi yang dipelajari di dalam Ilmu manajemen bisnis sangatlah luas, dan memiliki spesifikasi yang sangat tinggi. Namun anda sebagai mahasiswa dapat menentukan bidang mana yang akan anda fokuskan.

Bidang spesialisasi di dalam jurusan Manajemen juga terbilang beragam, yang terdiri dari administrasi, akuntansi, manajemen operasional, marketing, ekonomi kewirausahaan, manajemen SDM perbankan, logistik, keuangan dan juga transportasi.

Beberapa mata kuliah jurusan Manajemen harus dipelajari dengan benar oleh setiap mahasiswa fakultas manajemen. Berikut ini telah kami cantumkan setidaknya 35 mata kuliah manajemen yang nantinya akan anda pelajari di fakultas manajemen.

  • Teknik Proyeksi Bisnis
  • Manajemen Perubahan dan Pengembangan Organisasi
  • Manajemen Keuangan Internasional
  • Budaya Organisasi
  • Teknik Negosiasi Bisnis
  • Pemasaran Jasa
  • Rencana Bisnis
  • Hubungan Industrial
  • Manajemen Investasi
  • Manajemen Resiko
  • Manajemen Ritel
  • Perilaku Konsumen
  • Kepemimpinan
  • Bisnis Internasional
  • Manajemen Stratejik
  • Studi Kelayakan Bisnis
  • Sistem Informasi Manajemen
  • Manajemen Database
  • Komunikasi Bisnis
  • Ekonomi Manajerial
  • Akuntansi Manajemen
  • Manajemen Operasional
  • Perilaku Organisasi
  • Penganggaran Bisnis
  • Statistik Multivariat
  • Akuntansi Biaya
  • Analisis Optimasi
  • Manajemen Pemasaran
  • Manajemen Sumberdaya Manusia
  • Manajemen Keuangan
  • Akuntansi Keuangan Dasar
  • Statistika Bisnis
  • Matematika Bisnis
  • Pengantar Bisnis
  • Pengantar Ekonomi Makro

Peluang Kerja Jurusan Manajemen

Peluang Kerja Jurusan Manajemen

Sebagian mahasiswa memilih jurusan Manajemen karena prospek dan peluang kerja seorang ahli manajemen di masa yang akan datang sangatlah banyak dan luas, terdiri dari beragam jenis pekerjaan sudah menunggu di sana.

Untuk Anda yang memilih jurusan Manajemen karena peluang kerjanya yang cukup bagus, berarti anda sudah memilih pilihan yang tepat. Lalu, apa saja sih prospek dan peluang kerja jurusan Manajemen? Berikut ini selengkapnya.

1. Konsultan Perbankan

Saat ini, beberapa bank konvensional sudah mulai beralih atau mulai membuka cabang bisnisnya ke bank digital. Banyak yang tidak sadar akan hal ini, pasalnya orang orang di zaman sekarang lebih suka sesuatu hal yang dikerjakan secara online.

Maka dari itu banyak bank konvensional di Indonesia yang berlomba-lomba untuk menciptakan bank digital ciptaan mereka. Tentunya, ini akan menjadi prospek yang bagus kedepannya nanti untuk seorang ahli Manajemen atau konsultan perbankan.

2. Staf HRD

Jika anda tertarik untuk menjadi staff HRD di sebuah perusahaan besar, maka anda harus bisa mempelajari segala segi tentang calon karyawan yang ingin bekerja di sana. Karena anda memiliki tugas yang cukup berat yaitu rekrutmen.

Anda harus menentukan kandidat mana yang cocok dan memiliki potensi untuk dipekerjakan pada perusahaan tempat anda bekerja, mulai dari segi fisik, skill atau keahlian, karakter serta pengalaman dari calon karyawan.

3. Recruiter

Banyak yang tidak sadar bahwa kuliah manajemen bukanlah soal manajemen keuangan saja. Pada dasarnya, setoran rekruiter ahli sumber daya manusia juga akan dibutuhkan oleh perusahaan. Jelas ini adalah peluang yang sangat baik.

4. Staf Finance

Staf Finance adalah seseorang yang bertugas menerima dan mendapatkan uang untuk sebuah perusahaan. Di beberapa perusahaan besar yang ada di dalam negeri maupun di luar negeri sangat membutuhkan seorang ahli di dalam bidang keuangan.

5. Akuntan

Berbeda dengan staf Finance, jika ahli staf Finance adalah seseorang yang bertugas  menerima dan mendapatkan uang untuk sebuah perusahaan, ahli akuntan adalah seseorang yang bertugas mencatat dan melakukan pembukuan keuangan di sebuah perusahaan.

6. Marketer

Di awal pembahasan sudah kami jelaskan bahwa jurusan Manajemen tidak hanya tentang keuangan, tetapi juga fokus pada materi pemasaran. Seorang ahli Manajemen Pemasaran atau yang biasa disebut marketer juga banyak dibutuhkan perusahaan.

7. Konsultan Bisnis

Jika anda ingin menjadi seorang konsultan bisnis karena gajinya yang besar, perlu kami katakan bahwa cara berpikir Anda sepertinya telah keliru. Pasalnya gaji seorang konsultan bisnis sangatlah beragam, ada yang UMR, ada yang lebih dari UMR, bahkan ada yang di bawahnya.

Namun bukan berarti pekerjaan seorang konsultan bisnis tidak bisa memiliki prospek yang baik kedepannya. Karena pada dasarnya masalah gaji adalah hak perusahaan dan semua itu bergantung pada kebijakan perusahaan tempat anda bekerja.]

Baca Juga: Ingin Kuliah Sambil Kerja? Ikuti 5 Tips Ini Supaya Lancar

Universitas Terbaik Jurusan Manajemen

Untuk teman-teman yang sudah yakin bakalan kuliah dan mengambil jurusan Manajemen, bangsa mahasiswa telah memberikan 5 rekomendasi Universitas terbaik untuk atau khusus jurusan pada Manajemen.

  • Universitas Indonesia (UI), Depok
  • Universitas Gadjah Mada (UGM), Yogyakarta
  • Universitas Diponegoro (UNDIP), Semarang
  • Institut Teknologi Bandung (ITB), Bandung
  • Universitas Airlangga (UNAIR), Surabaya
Nah itulah tadi 5 rekomendasi universitas terbaik untuk Anda yang ingin kuliah di jurusan Manajemen. Data tersebut bukan dibuat-buat oleh admin bangsa mahasiswa, melainkan sudah Rerakreditasi A oleh BAN-PT di Indonesia

Baca Juga: Sejarah Lahirnya Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Di Indonesia

Akhir Kata

Baiklah sahabat mahasiswa semuanya, itulah tadi akhir dari pembahasan kita mengenai mata kuliah jurusan Manajemen, peluang kerja dan rekomendasi Universitas yang bisa admin bagikan. Semoga informasi di atas dapat memberikan manfaat yang positif untuk teman-teman mahasiswa.

Terima kasih sudah berkunjung, membaca dan mengikuti bangsa mahasiswa sampai selesai. Jangan lupa untuk memberikan tanggapan anda mengenai artikel kami kali ini. Silakan berikan komentar pada kolom yang tersedia di bawah, sekian sala kontributor bangsamahasiswa.

Posting Komentar

0 Komentar