Space Iklan Website Murah

Pasang Iklan Di Sini

Inilah Cara Merapikan Daftar Pustaka di Word

Bangsamahasiswa.com - Daftar pustaka menjadi salah satu bagian penting dalam jurnal atau tugas tertentu. Tidak jarang tampilannya berantakan tidak sesuai dengan keinginan. Maka dari itu penting mengetahui bagaimana cara merapikan daftar pustaka di Word terutama bagi pemula.

Bukan hanya pemula orang yang sering menggunakan word juga tidak jarang lupa bagaimana cara untuk merapikannya. Belajar merapikan ini penting terutama bagi mahasiswa, atau kalangan bidang akademis.

Dalam proses merapikan daftar pustaka ada sejumlah langkah yang perlu kamu lakukan. Jika tidak mengikutinya dengan baik, maka tampilannya akan sulit rapi dan tidak sesuai dengan standar lembar kerja. 


Cara Merapikan Daftar Pustaka

Mengetahui bagaimana cara untuk merapikannya penting untuk menyusun daftar pustaka yang enak dibaca. Tampilannya juga bisa terlihat lebih rapi dan akan lebih mudah pembaca pahami.

Dalam penyusunannya ada sejumlah aturan penting perlu kamu perhatikan. Dan biasanya ini sesuai dengan perintah aturan penulisan tertentu. Ada yang penyusunannya harus sesuai dengan abjad.

Jadi kamu tidak bisa sembarangan mengcopy atau asal nulis dari halaman tertentu. Biasanya juga akan ada aturan cara mengatur spasi antar kata yang berantakan di word, huruf, margin dan lainnya. Nah, agar lebih mudah dalam proses merapikannya silahkan simak pembahasan berikut.

1. Daftar Pustaka Menjorok

Tampilan daftar pustaka seperti ini biasanya sering kita temui dalam artikel ilmiah, buku, atau makalah. Susunannya menjorok ke arah dalam untuk bagian baris kedua. Jika kita lakukan secara manual membutuhkan proses yang lama.

Sebelumnya, pastikan kamu sudah menyusun daftar pustakanya terlebih dahulu. Setelah itu tinggal blok semua teksnya dan klik kombinasi CTRL+T, maka tampilannya sudah sesuai dengan keinginanmu.

2. Daftar Pustaka A-Z

Cara merapikan daftar pustaka selanjutnya adalah agar tampilannya bisa tersusun dari A-Z. Jika kita urutkan secara manual, membutuhkan waktu cukup lama karena harus menyusunnya dengan baik. Tapi sebenarnya ada cara mudah dan simpel untuk melakukannya;

  • SIlahkan blok semua teks referensi pada bagian daftar pustaka pada lembar kerja
  • Setelahnya silahkan masuk ke ‘Home’
  • Pilih ‘Paragraph’
  • Kemudian klik Sort atau ikon AZ
  • Nantinya akan muncul jendela Sort Teks silahkan atur Sort By
  • Klik ‘Paragraph’’
  • Kemudian pilih ‘Text’ dan pilih ‘Ascending’
  • Terakhir pilih Ok

3. Daftar Pustaka Rata Kanan Kiri

Berikutnya membuat tampilan daftar pustaka agar bisa rata kiri dan kanan. Supaya tampilannya bisa terlihat rapi dan enak ketika dibaca. Langkah-langkahnya juga mudah sekali silahkan ikuti berikut ini;

  • Silahkan blok daftar pustakanya
  • Kemudian klik shortcut CTRL+J pada keyboard
  • Dengan begitu tampilan daftar pustaka bisa lebih rapi serta sesuai yakni tampilannya rata kanan dan kiri.

Dalam proses pembuatan  daftar pustaka, kamu juga harus memperhatikan pemilihan jarak spasi, margin dan poin penting sesuai arahan dari pemberi tugas.


Pentingnya Tampilan Daftar Pustaka yang Baik

Daftar pustaka merupakan bagian penting dalam jurnal ilmiah, karena menjadi tempat untuk menyimpan sumber referensi. Bukan hanya kehadirannya saja yang begitu penting, tapi tampilannya juga harus terlihat baik.

Tampilan yang baik; dan rapi bisa menambah nilai bagi kamu. Pemeriksa jurnal atau karya ilmiah akan lebih mudah memahami tulisan serta bisa melihat dari sumbernya secara langsung.

Maka dari itu, penting sekali untuk cara merapikan daftar pustaka di Word agar tampilannya terlihat rapi.  Silahkan ikuti sejumlah cara atau langkahnya di atas.

Posting Komentar

0 Komentar