Space Iklan Website Murah

Pasang Iklan Di Sini

Ingin Kuliah Sambil Kerja? Ikuti 5 Tips Ini Supaya Lancar

Kuliah Sambil Kerja

BangsaMahasiswa.com - Mungkin anda adalah salah satu mahasiswa yang sedang memikirkan suatu hal yang berkaitan dengan penghasilan diluar jam kuliah. Bagi sebagian orang, kuliah sambil menekuni pekerjaan memerlukan tekad yang cukup tinggi.

Yang dimana, anda harus bisa membagi waktu, tenaga dan pikiran dengan cermat dalam satu waktu yang bersamaan. Bukan suatu hal yang mudah untuk dapat mengerjakan banyak pekerjaan sekaligus, beberapa tips harus anda kuasai terlebih dahulu.

Supaya kegiatan diluar jam kuliah tidak mengacaukan titik fokus anda selama ini, yaitu mencari ilmu. Jadi, perlu anda perhatikan bahwa anda harus segera meninggalkannya, jika ternyata anda sendiri tidak mampu berlaku bijak dalam masalah pembagian waktu.

Management waktu harus diatur sesuai dengan kesibukan yang anda alami saat ini juga yang akan datang, setidaknya itu adalah tips dasar untuk anda yang ingin menjalani kuliah sambil kerja. Anda harus meyakinkan hal itu untuk melanjutkan.

Perlu kami katakan lebih awal, kuliah sambil kerja akan menuai banyak sekali resiko yang nantinya akan anda temui. Namun jika anda yakin bisa, maka bacalah 5 tips kuliah sambil kerja berikut ini supaya kuliah anda tetap lancar dan berjalan mulus.

Tips Kuliah Sambil Kerja

Menjadi seorang mahasiswa yang aktif didalam kegiatan kampus bukanlah suatu hal yang mudah, seperti apa yang dibayangkan. Mahasiswa harus menjalani, menyelami, mengikuti dan menyelesaikan semua kegiatan yang ada.

Apa jadinya jika karena pekerjaan lain, anda harus mengulangi satu semester lagi untuk menyelesaikan tugas-tugas anda sebagai seorang mahasiswa. Maka dari, Bangsa Mahasiswa akan membagikan tips & trik untuk anda yang ingin bekerja sambil kuliah.

1. Bersikap Terbuka

Kuliah Sambil Kerja
Bersikap terbuka yang kami maksud disini adalah tentang kejujuran mengatakan semua hal dengan apa adanya pada atasan anda tempat bekerja, percayalah, hal itu dapat membantu mereka untuk memahami diri anda lebih jauh lagi.

Kebanyakan orang merasa enggan untuk mengatakan hal yang sebenarnya, alhasil terjadi sebuah kekacauan di tempat anda bekerja. Jangan sampai terjadi komunikasi yang tak terjalin dengan baik antara anda dan atasan tempat kerja.

Kami yakin atasan akan memahami kondisi anda sepenuhnya, dan memberikan ruang yang cukup untuk anda bekerja dengan latar belakang sebagai mahasiswa. Perlu diingat, bersikaplah yang sopan  saat anda menjelaskan semuanya.

Baca Juga: 7 Gaya Belajar Yang Perlu Anda Ketahui

2. Atur Skala Prioritas

Kuliah Sambil Kerja

Setelah anda berhasil mengatakan yang sejujurnya, dan atasan serta diri anda siap atas semua konsekuensinya, maka langkah selanjutnya adalah mengatur skala prioritas. Salah satu tips penting agar anda bisa kuliah sambil kerja.

Aturan berikut masih berkaitan dengan pernyataaan yang sudah kami jelasakan pada paragraf pembukaan artikel ini. Memanagement waktu dan mengatur skala prioritas dalam membagi waktu untuk kuliah dan untuk bekerja.

Kami sangat menyarankan anda untuk membuat jadwal di buku atau catatan kecil mengenai hal ini. Supaya anda bisa lebih fokus terhadap tugas-tugas atau pekerjaan yang anda lakoni saat ini, penting untuk memilah mana yang harus didahulukan.

3. Pahami Jam Kerja

Kuliah Sambil Kerja

Memahami jam kerja juga penting bagi anda, supaya pembagian waktu kuliah sambil kerja bisa ditentukan dengan bijak. Titik fokusnya adalah pemilihan suatu pekerjaan yang sama sekali tidak menggangu waktu kuliah anda, walaupun hanya beberapa menit saja.

Maka dari itu 2 hal diatas kami tuliskan lebih dulu, bersikap terbuka, mengatur skala prioritas dan diikuti dengan memahami jam kerja secara detail. Hal ini akan membantu anda untuk memilih satu diatara pekerjaan mana yang lebih cocok.

Pastikan bahwa pekerjaan dan tugas mata kuliah anda dapat berjalan dengan baik secara bersamaan. Walaupun semua orang menyadari bahwa 2 hal itu tidak akan pernah maksimal jika disatukan, fokuslah untuk menentukan pekerjaan yang cocok. 

Baca Juga: 5 Ide Bisnis Yang Cocok Untuk Mahasiswa

4. Perhatikan Jenis Pekerjaan

Kuliah Sambil Kerja

Ini adalah bagian yang paling penting menurut kami, membagi waktu untuk kuliah, bekerja dan tidak melupakan waktu istirahat dalam menjalankan semuanya. Maka dari itu, anda perlu memperhatikan jenis pekerjaan yang akan dipilih.

Menjadi seorang freelancer adalah salah satu pilihan yang tepat untuk anda, jika kita melihat dari segi waktu yang tak banyak. Anda bisa memanfaaatkan pekerjaan paruh waktu yang dapat diselesaikan tanpa memakan waktu yang lama.

Diluar sana ada banyak sekali perusahaan yang meyediakan lowongan pekerjaan untuk seorang freelancer. Mulai dari jasa tulis artikel, jasa editing foto & video, jasa desain grafis, jasa titip barang dan masih banyak lagi tentunya.

Anda bisa memanfaatkannya untuk mulai menghasilkan uang meskipun anda seorang mahasiswa. Namun tips ini mengharuskan anda untuk memiliki keahlian pada bidang tertentu, misalnya menulis, mengedit video maupun desain.

5. Fokus & Sungguh-sungguh

Kuliah Sambil Kerja

Setelah anda membaca 4 tips kuliah sambil kerja diatas, seharusnya anda paham bahwa hal ini tidaklah main-main. Beberapa resiko sudah menunggu anda didepan, dan anda harus siap akan hal tersebut. Jadi, fokus dan bersungguh-sungguhlah untuk itu.

Seperti yang telah kami jelaskan diawal tadi, menjadi mahasiswa sambil menekuni pekerjaan sampingan bukanlah suatu hal yang mudah untuk dilakukan. Butuh tekad yang kuat, mental sekeras baja dan pemikiran yang matang.

Maka dari itu, pahami dengan betul mengenai "apa langkah selanjutnya yang akan anda ambil", pastikan fokus kuliah dan pekerjaan anda dapat melangkah secara bersamaan. Kelelahan dan kurangnya istirahat sudah pasti akan anda jumpai nantinya.

Baca Juga: 7 Rekomendasi Laptop Untuk Mahasiswa Teknik

Pekerjaan Yang Cocok Untuk Mahasiswa

Sudah semestinya kami memberikan contoh pekerjaan yang cocok untuk mahasiswa kepada anda, bukan hanya sekedar tips, kemudian anda pergi dengan keadaan bingung, "pekerjaan seperti apa yang harus saya ambil".

Seiring dengan kemajuan dunia digital, setiap orang bisa memanfaatkan sosial media untuk menghasilkan uang. Beberapa pekerjaan yang sedang viral banyak dibahas disana, seperti menjadi Affiliator suatu produk ataupun endorse.

Nah, kalian bisa memanfaatkan platfrom seperti Facebook, instagram, Tik-tok dan juga whatsapp untuk bisa menghasilkan uang. Caranya bagaimana? Anda bisa menjadi dropshiper ataupun reseller dari suatu produk yang banyak dicari oleh masyarakat.

Sebenarnya anda juga bisa memanfaatkan lingkungan kampus, dengan cara berjualan pulsa ataupun paket internet, jika anda mau dan tidak gengsi. Komisi yang didapatkan juga lumayan untuk uang jajan di kantin sehari-hari.

Namun jika anda memiliki keahlian khusus seperti menulis, design, editting dan lain-lain, maka pekerjaan sebagai freelancer akan sangat cocok untuk anda. Karena anda bisa meluangkan waktu untuk mengerjakannya, misalnya dimalam hari.

Baca Juga: 4 Laptop Yang Cocok Untuk Mahasiswa Arsitektur

Akhir Kata

Baiklah sobat persmahasiswa.com semuanya, itulah 5 tips kuliah sambil kerja yang dapat kami bagikan kepada anda. Semoga informasi ini dapat membawa manfaat yang baik serta positif didalam kehidupan anda selanjutnya.

Terima kasih sudah berkunjung, membaca dan mengikuti kami hingga selesai. Jangan lupa untuk memberikan tanggapan anda mengenai postingan kami kali ini dengan cara memberikan komentar dibawah, sekian & terima kasih.

Posting Komentar

0 Komentar