Space Iklan Website Murah

Pasang Iklan Di Sini

Manfaat VoLTE Indosat Untuk Voice Over LTE

Manfaat VoLTE Indosat Untuk Voice Over LTE

Anda pasti pernah mendengar VoLTE, istilah ini sering muncul pada pilihan jaringan smartphone yang sudah bisa menggunakan 4G LTE. Tapi apa sebenarnya VoLTE itu?

Pada dasarnya VoLTE merupakan istilah atau fitur yang dipakai oleh berbagai jenis operator melalui jaringan 4G. Untuk lebih jelasnya mari kita simak tentang VoLTE berikut ini! 

Pandemi COVID-19 yang masih melanda Indonesia tidak menghentikan provider Indosat Ooredoo untuk terus berinovasi dalam memberikan sebuah pengalaman digital terbaik bagi para pelanggannya. Sebagai perusahaan digital terkemuka di Indonesia. Indosat Ooredoo mengumumkan bahwa pelanggan sudah bisa menikmati layanan VoLTE di lebih dari 30 kota di Indonesia dan akan terus bertambah di berbagai wilayah lainnya. 

Pelanggan yang saat ini berada di kota jangkauan VoLTE Indosat Ooredoo, dapat menggunakan ponsel yang mendukung layanan Voice over LTE (VoLTE) dan sudah menggunakan kartu SIM 4G, dapat langsung menikmati layanan VoLTE tanpa perlu melakukan registrasi paket tertentu atau aplikasi tambahan. 

Chief Marketing Officer Indosat Ooredoo, Ritesh Kumar Singh, mengumumkan Indosat Ooredoo akan selalu mencoba berinovasi untuk memberikan pengalaman digital terbaik bagi pelanggan, kali ini dengan meluncurkan layanan VoLTE Indosat Ooredoo. Kenyamanan dalam menikmati layanan ini akan membuat obrolan semakin menyenangkan, apalagi di masa pandemi COVID-19 masyarakat diminta untuk tetap di rumah dan menjaga jarak. 

VoLTE atau Voice over LTE adalah layanan yang memungkinkan Anda melakukan panggilan suara di jaringan berbasis 4G-LTE. Dengan menggunakan teknologi VoLTE, pelanggan akan dapat merasakan panggilan dengan suara yang lebih jernih dengan kualitas “suara HD”. Cara Mengaktifkan VoLTE Indosat

Apa Itu VoLTE?

Jalur khusus untuk layanan VoLTE, aplikasi atau layanan yang memanfaatkan koneksi internet biasanya menggunakan jalur umum (default bearer) sehingga seringkali terpengaruh kualitasnya akibat banyaknya layanan yang diakses. Berdasarkan informasi mengenai VoLTE, layanan VoLTE menggunakan jalur khusus (dedicated bearer) agar layanan dapat berjalan lebih lancar. Keuntungan menggunakan jalur khusus ini adalah dapat memisahkan trafik VoLTE dari penggunaan data lainnya. 

Layanan VoLTE juga didukung oleh QoS (Quality of Services) yang tinggi sehingga menjadikan paket-paket VoLTE sebagai prioritas dan menjamin kualitas yang tinggi. Inilah yang membedakan VoLTE dari layanan VoIP lainnya. Dia menganalogikan dengan jalur busway yang steril agar perjalanan lancar tidak mengalami kemacetan. Penggunaan jalur khusus ini juga membuat kualitas menjadi baik tanpa mengalami gangguan yang berarti seperti yang sering dialami saat bertelepon dengan VoIP. 

Bagi Anda yang belum tahu, Voice over LTE atau VoLTE adalah teknologi transmisi data berbasis IP yang menyediakan layanan panggilan dan data melalui jaringan 4G. Karena hal tersebut maka tak heran jika istilah ini muncul saat jaringan 4G mulai dipakai di Indonesia. Menggunakan jaringan 4G LTE memungkinkan pengguna mendapatkan kualitas panggilan suara dan video yang lebih stabil, resolusi HD, menonton streaming tanpa gangguan, dan bermain game dengan lancar. 

Tidak semua smartphone mendukung jaringan VoLTE, jika muncul VoLTE di sebelah sinyal Anda, maka perangkat Anda mendukung jaringan yang satu ini. Namun jika tidak, maka ponsel Anda masih belum mendukung jaringan yang satu ini. Meski begitu, saat ini sudah banyak ponsel yang tersedia sinyal 5G. Jika ponsel Anda sudah bisa menggunakan jaringan 5G, maka tentunya perangkat tersebut juga tersedia untuk menggunakan VoLTE.

Keunggulan VoLTE Indosat

VoLTE atau Voice over LTE merupakan layanan yang memungkinkan pengguna melakukan panggilan suara lebih jelas dengan kualitas "suara HD" di jaringan berbasis 4G-LTE. Koneksi juga jauh lebih cepat daripada layanan telepon tradisional yang umumnya dikenal sebagai sakelar sirkuit. Keunggulan lainnya adalah pelanggan dapat dengan mudah beralih dari voice call ke video call atau sebaliknya tanpa harus menutup telepon terlebih dahulu. 

Terakhir, pelanggan tetap dapat melakukan aktivitas lain seperti surfing, streaming atau bermain game online tanpa gangguan saat ada panggilan masuk. Pada peluncuran layanan VoLTE ini, Indosat Ooredoo menggandeng produsen smartphone, seperti Huawei, Oppo, Samsung, Vivo dan Xiaomi, serta produsen chipset, seperti Qualcomm dan MediaTek. Kolaborasi bersama ini bertujuan untuk memastikan perangkat yang mendukung teknologi VoLTE dapat bekerja dengan baik. 

Untuk menikmati layanan VoLTE Indosat Ooredoo, pelanggan hanya perlu memastikan bahwa mereka menggunakan handset 4G yang mendukung layanan VoLTE, berada dalam jangkauan VoLTE Indosat Ooredoo, dan menggunakan kartu SIM yang mendukung VoLTE.

Sejarah VoLTE Di Indonesia

Operator seluler pertama di Indonesia yang mengadaptasi fitur VoLTE adalah dari merek CDMA Smartfren pada tahun 2016. Setelah provider smartfren berbagai operator lainpun di Indonesia juga ikut mengadopsi teknologi tersebut pada tahun 2020. Persyaratan bagi parapenggunaan VoLTE juga beragam tergantung dari jenis operator yang digunakan. 

Misalnya, Telkomsel mewajibkan pengguna untuk mengganti kartu SIM ke SIM 4G untuk dapat menggunakan layanan ini. Di sisi lain, fitur VoLTE di Indosat Ooredoo hanya bisa dinikmati jika perangkat smartphone yang digunakan sudah mendukung jaringan 4G LTE.

Demikian ulasan tentang pengertian dan manfaat VoLTE Indosat semoga bermanfaat.

Posting Komentar

0 Komentar