Space Iklan Website Murah

Pasang Iklan Di Sini

7 Prodi Ini Jadi Jurusan Kuliah Termahal Di Indonesia, Nomor 5 Wajar Ga Sih?

7 Prodi Ini Jadi Jurusan Kuliah Termahal Di Indonesia, Nomor 5 Wajar Ga Sih?

Jurusan Kuliah Termahal Di Indonesia - Kuliah saat ini seakan sudah menjadi kebutuhan wajib yang ingin dicapai oleh banyak orang. Saat ini semakin banyak mahasiswa baru setiap tahunnya di Indonesia. Namun semakin kesini biaya untuk berkuliah semakin mahal.

Meski ada beberapa kampus yang memiliki biaya relatif murah namun rata-rata untuk kuliah seseorang harus merogoh kocek yang tidak sedikit. Mahal tidaknya biaya kuliah juga tergantung dari jurusan apa yang ingin diambil. Beberapa jurusan bahkan memiliki biaya hingga ratusan juta rupiah.

Mahalnya biaya kuliah di beberapa jurusan tersebut dipengaruhi oleh beberapa komponen. Selain SKS dan uang gedung yang menjadi wajib bagi setiap jurusan, bagi beberapa jurusan ada biaya lain seperti praktikum, kegiatan di lapangan atau di laboratorium, kunjungan ke tempat tertentu dan masih banyak lagi.

Itulah yang kemudian membuat kenapa jurusan-jurusan tertentu memiliki biaya yang sangat mahal. Di Indonesia setidaknya ada beberapa jurusan yang terkenal masuk dalam golongan elite karena biayanya yang mencapai puluhan hingga ratusan juta rupiah.

Jurusan Kuliah Dengan Biaya Termahal di Indonesia

Berikut ini adalah beberapa jurusan kuliah termahal di Indonesia yang di rangkum dari berbagai sumber:

1. Kedokteran

Sudah menjadi rahasia umum bahwa jurusan kedokteran menjadi salah satu jurusan dengan biaya paling mahal di Indonesia. Untuk menjadi dokter tidak mudah dan perlu perjuangan yang panjang. Selain biayanya yang mahal persaingan untuk masuk jurusan tersebut juga terkenal sulit.

Ketika menempuh pendidikan di jurusan kedokteran seorang mahasiswa harus memiliki kondisi finansial yang bagus. Selain itu perlu juga memiliki kemampuan akademik yang baik. Hal itu karena di jurusan kedokteran banyak kegiatan praktek maupun kegiatan laboratorium.

Terdapat banyak biaya yang musti dikeluarkan pada jurusan Kedokteran. Selain uang pendaftaran dan uang gedung yang mencapai ratusan juta, ada juga biaya tambahan lainnya. 

Berdasarkan data rata-rata biaya jurusan kedokteran per semesternya sekitar 10-30 jutaan. Belum lagi buku-buku pendukung materi di kuliah kedokteran juga memiliki harga yang mahal.

2. Kedokteran Gigi

Selain kedokteran umum, jurusan kedokteran gigi juga memilliki biaya kuliah yang sangat mahal. Sama seperti jurusan kedokteran umum, untuk bisa masuk ke jurusan kedokteran gigi diperlukan perjuangan yang ekstra. Apalagi jika kampus yang dituju terkenal dengan jurusan kedokteran gigi yang punya akreditasi yang bagus.

Banyak biaya yang harus dikeluarkan di jurusan kedokteran gigi mulai dari uang pendaftaran, uang gedung hingga uang prakterk. Sementara untuk biaya UKT per semesternya rata-rata jurusan kedokteran gigi di Indonesia adalah 5-25 juta rupiah. 

Semakin tinggi semesternya maka biaya yang dikeluarkan semakin banyak karena kegiatan yang dilakukan pun juga semakin bervariasi.

Setelah lulus dan ingin membuka prakter dokter gigi seseorang juga memerlukan modal yang besar untuk membeli alat-alat yang diperlukan.

3. Arsitektur

Jurusan yang saat ini semakin banyak digandrungi yaitu arsitektur ternyata juga termasuk memiliki biaya kuliah yang mahal. Semakin gencarnya pembangunan di setiap daerah di Indonesia membuat lulusan jurusan arsitektur semakin banyak dibutuhkan.

Namun untuk menjadi seorang arsitek seseorang harus menjalani proses kuliah yang tidak butuh. Selain materi yang sulit biaya yang dibutuhkan untuk bisa mencapai lulus tergolong sangat besar.

Tak hanya uang pendaftaran, uang gedung dan SPP tiap semester saja, banyak biaya lain yang diperlukan untuk prakter dan kegiatan lapangan. 

Bahkan peralatan yang dipakai untuk menunjang kegiatan praktek juga terkenal memiliki harga yang mahal. Ada beberapa peralatan yang hanys bisa diperoleh di luar negeri jika ingin kualitasnya bagus.

Kemudian untuk komputer/laptop yang digunakan di jurusan arsitekur harus punya spek yang tinggi untuk kegiatan rendering 3 dimensi. Laptop yang mumpuni untuk kegiatan tersebut biasa memiliki harga di kisaran belasas hingga puluhan juta rupiah.

Rata-rata untuk kuliah jurusan arsitektur di Indonesia biayanya adalah sekitar 5-15 juta rupiah. Namun biaya tersebut sebanding dengan peluang kerja lulusan arsitektur di era saat ini.

4. Penerbangan

Menjadi pilot saat ini masih menjadi profesi yang diimpikan oleh banyak orang. Gaji yang besar dan pengalaman yang didapatkan membuat banyak orang termotivasi untuk menjadi pilot.

Namun untuk mencapai cita-cita tersebut ada jalan yang tidak akan mudah diketahui. Untuk menjadi pilot seseorang terlebih dulu harus menjalani kuliah penerbangan yang biayanya tidak sedikit. Bahkan menurut data biaya kuliah penerbangan selalu naik setiap tahunnya.

Diperlukan banyak biaya untuk kuliah penerbangan karena nantinya dalam pendidikannya seseorang akan menggunakan alat-alat yang canggih, misalnya ada alat simulasi penerbangan pesawat.

Dilansir dari berbagai sumber rata-rata biaya kuliah penerbangan dari pendidikan hingga mendapat lisensi menjadi pilot adalah sekitar 500 juta hingga 1 milyar rupiah.

5. Desain Komunikasi Visual (DKV)

Perkembangan industri kreatif di Indonesia membuat jurusan Desain Komunikasi Visual kini semakin digandrungi. Prospek kerja yang cerah dengan pendapatan tinggi menjadi alasan kenapa kemudian peminat jurusan ini terus mengalami peningkatan setiap tahunnya.

Namun untuk berkuliah di jurusan ini seseorang harus menyiapkan dana yang tidak sedikit. Mahalnya jurusan Desain Komunikasi Visual sebenarnya tidak terletak pada uang semesternya, melainkan alat-alat yang dibutuhkan untuk praktek.

Mahasiswa jurusan DKV membutuhkan peralatan seperti laptop dan kamera dengan spek yang memadai. Seperti diketahui, harga yang dibanderol di pasaran alat-alat tersebut tidaklah murah. Itulah yang membuat jurusan DKV tergolong jurusan dengan biaya mahal.

Rata-rata untuk jurusan Desain Komunikasi Visual (DKV) di Indonesia per semesternya adalah sekitar 5-15 juta rupiah.

6. Broadcasting

Jurusan kuliah dengan biaya yang mahal berikutnya adalah broadcasting. Sama seperti halnya dengan jurusan Desain Komunikasi Visual (DKV), penyebab biaya mahal di Broadcasting bukanlah uang semesternya melainkan peralatan yang diperlukan.

Mahasiswa di jurusan ini harus merogoh kocek hingga puluhan juta rupiah untuk membeli alat penunjang praktikum dengan kualitas yang baik.

Biaya kuliah yang mahal sebanding juga dengan prospek kerja dari lulusan jurusan broadcasting. Di era hiburan digital seperti misalnya youtube saat ini membuat lulusan jurusan broadcasting semakin banyak dibutuhkan.

Tidak hanya berkarier di perusahaan televisi besar, lulusan broadcasting bisa juga membanguna channel youtube sendiri dengan ilmu yang dia punyai.

7. Jurusan Fashion Design

Meski belum sepopuler jurusan-jurusan yang telah disebutkan sebelumnya namun jurusan Fashion Design punya prospek kerja yang cukup menjanjikan. Trend fashion yang terus berkembang membuat jurusan ini diprediksi akan semakin diminati kedepannya.

Namun untuk berkuliah di jurusan Fashion Design diperlukan biaya yang tidak sedikit. Hal itu sebab pengajar di jurusan ini rata-rata memiliki bayaran yang tinggi karena merupakan seorang profesional. Jadi dengan begitu otomatis mahasiswa harus mengeluarkan biaya yang tinggi juga.

Tak hanya biaya untuk uang semesternya saja, namun peralatan yang dibutuhkan jurusan fashion design sangat banyak dan harganya pun terbilang tidak murah.

Saat ini belum banyak kampus yang membuka jurusan fashion design. Namun untuk menimba ilmu di jurusan kuliah termahal ini sampai lulus diperlukan biaya hingga ratusan juta rupiah.

Posting Komentar

0 Komentar