Space Iklan Website Murah

Pasang Iklan Di Sini

Ragam Potret dan Tiket Masuk Wisata Patung Empat Marga, Spot Foto yang Unik dan Wisata Penuh Sejarah

Ragam Potret dan Tiket Masuk Wisata Patung Empat Marga, Spot Foto yang Unik dan Wisata Penuh Sejarah

Lampung merupakan sebuah provinsi yang berada diujung timur pulau Sumatera, provinsi ini menyimpan sejuta pesona alam yang menakjubkan dan tersembunyi sehingga masih banyak orang yang belum mengetahui akan keindahannya. Mulai dari wisata alam, situs bersejarah, pantai, spot foto-foto , sampai air terjun yang memanjakan mata. 

Jika Anda punya rencana liburan ke Lampung, Jangan khawatir akan keindahannya, provinsi ini menawarkan cukup banyak wisata pilihan untuk Anda dikunjungi. 


Lokasi Patung Empat Marga

Ternyata di Lampung ada loh tugu ala-ala Hokage Naruto, namanya Tugu Megou Pak atau Tugu Empat Marga. Tugu ini berada di Kabupaten Tulang Bawang Barat, provinsi Lampung. Tepatnya berada di jalan Panaragaan, Manggala, desa Panaragaan kecamatan Tulang Bawang Tengah. 

Karena ada di tepi jalan, tak heran jika keberadaannya menarik perhatian. Selalu saja ada yang singgah di lokasi ini untuk sekedar berfoto. Sebelum kita bahas lebih jauh, yuk kita kenalan lebih dekat dengan kabupaten Tulang Bawang Barat.


Harga Tiket Masuk Patung Empat Marga

Untuk dapat menikmati keindahan Monumen Megow Pak ini, pengunjung tidak perlu membayar tiket masuk. Dan juga tidak ada loket pembelian tiket di sini.

Sepetinya memang Pemkab Tubaba lebih fokus dulu untuk mendatangkan wisatawan ya ke daerah ini.

  • Tiket masuk: Rp. 0 (gratis)
  • Parkir motor: Rp. 3.000
  • Parkir mobil: Rp. 5.000


Patung Empat Marga/Megow Pak

Patung Empat Marga ini juga menjadi spot selfie favorit yang ada di Kabupaten Tulang Bawang. Patung Empat Marga ini terdiri dari 3 pria dan 1 wanita yang memiliki arti sebagai simbol kebesaran Kabupaten Tulang Bawang Barat. Patung Empar Marga memang menjadi tempat bersantai atau hanya sekedar nongkrong sembari menikmati keindahan bentuk relief yang begitu detail dalam pembuatannya. Dan setidaknya bisa menjadi spot wisata alternatif bagi masyarakat Tubaba.

Pahatan relief yang dibentuk sedemikian rupa ini menjadi salah satu daya tarik wisata yang bahkan hingga ke mancanegara. Berikut alasan mengapa Anda harus berkunjung ke Megow Pak.

Kalau kamu baru mendengar atau baru melihat fotonya saja di media sosial, itu baru melihat keindahan secara 2 dimensi saja.Dan sebaiknya segera saja datang untuk melihat secara langsung dari dekat. Karena saat tiba dan melihatnya kamu bisa benar-benar takjub dibuatnya.

Karena hal itu pula yang terjadi pada kami. Selama ini baru melihat berbagai foto dan videonya yang beredar di media sosial, terutama instagram. Begitu kami sampai di lokasi, kami benar-benar terpukau akan kemegahan dan keindahannya.


Wisata yang Edukasi dalam hal Sejarah

Destinasi wisata Megow Pak menjadi salah satu wisata sejarah yang unik bagi Anda yang berkunjung ke Lampung. Wisata Megow Pak juga merupakan salah satu upaya yang dilakukan oleh pemerintah setempat untuk mengenalkan budaya masyarakat Megow Pak ratusan tahun silam. Ini merupakan salah satu bentuk pelestarian kebudayaan yang patut diapresiasi.

Ada cerita di balik pahatan 4 patung gigantis yang mana menggambarkan empat marga asli Lampung, yaitu Marga Tegamoan, Marga Buay Bulan, Marga Buay Aji, dan Marga Suay Umpu.

Empat marga tersebut dikenal memiliki hubungan yang sangat erat. Pada masa penjajahan Belanda keempatnya bergabung menjadi sebuah federasi masyarakat adat Megow Pak Tulang Bawang sekitar tahun 1914, dengan sistem kemargaan yang saat itu memang menjadi sistem pemerintahan yang berlaku.

Adapun pengenalan sejarah kepada generasi muda bukanlah hal yang mudah dan penuh tantangan. Maka dari itu, pembangunan relief pahatan empat pemuka marga ini dibuat dengan tampilan milenial yang segar.

Dengan tinggi sekitar 15 meter, panjang 40 meter, dan ketebalan mencapai 6 meter, relief ini juga menjadikan bangunan Megow Pak sebagai replika dari empat pemuka marga yang patut diapresiasi karyanya.


Jam Buka Patung Empat Marga

Karena lokasinya yang berada tepat di tepi jalan dan tidak ada pagar, kamu bisa saja datang kemari 24 jam. Tidak ada batasan harus berkunjung pagi atau sore. Traveling ke Tulang Bawang Barat bisa menjadi alternatif liburan akhir pekan. Lokasinya tidak begitu jauh dari Gerbang Tol Menggala, hanya sekitar 15 menit berkendara.

Bisa datang bersama keluarga atau kawan jalan. Sesekali datang ke kabupaten yang memiliki julukan Bumi Ragem Sai Mangi Wawai ini.Selain ke monumen ini, kamu bisa datangi juga beberapa spot lain yang jaraknya tidak begitu jauh. Ayo berkunjung ke Monumen Megou Pak (Monumen Empat Marga) di Kabupaten Tulang Bawang Barat.

Posting Komentar

0 Komentar