Space Iklan Website Murah

Pasang Iklan Di Sini

Hadist Keistimewaan dan Keutamaan Bulan Ramadhan

Hadist Keistimewaan dan Keutamaan Bulan Ramadhan

Keutamaan Bulan Ramadhan - Bulan yang penuh dengan ampunan dan hikmah akan kenyataan pada kesabaran yang dilakukan dalam keseharian disaat menjalani puasa di bulan Ramadan dan juga ada harapan untuk menerapkan dalam aktifitas harian setelahnya. Dengan inilah akan dapat diketahui bahwa yang memperoleh kemenangan sesunguhnya adalah insan yang dapat menjaga aktifitas ibadahnya secara menyeluruh sampai usai bulan Ramadhan. 

Berbagai referensi telah disebutkan baik yang ada pada Al-qur'an maupun hadistnya, sehingga didalamnya menyebutkan berbagai hal tetang fadhilah- fadhilah atau keutamaan yang terdapat pada bulan Ramadhan dengan penuh keberkahan tersebut. 

Dijadikan "hirroh" (keinginan pada semangat yang kuat) dalam hati sanubari untuk mengamalkan akan aktifitas yang berunsurkan nilai-nilai positif bagi peribadi maupun sekitarnya sehingga menjadi insan yang kamil (sempurna). 

Adapun sebagaian ayat pada surat Al-qr'an telah disebutkan tentang isi yang terdapat pada bulan ramadhan, salah satunya yaitu di surat Al-baqoroh; 

"Bulan Ramadhan adlah bulan turunnya Al-Quran, petunjuk bagi manusia dan penjelasan tentang petunjuk itu juga menjadi penegak kebenaran, membedakan antara yang benar dan yang batil", (QS (2) Al-Baqarah Ayat: 185). 

Dan disebutkan pula dalam hadistnya;

Dari Abu Hurairah ra : Nabi Allah Muhamad saw bersabda: "Barang siapa yang lega hati dalam menyambut kehadiran bulan Ramadhan, pasti Allah mengaharamkan tubuhnya atas api neraka".

Beliau juga bersabda pada hadist qudsinya; "pada malam pertama bulan Ramadhan, Allah berfirman;  "Siapa yang mencintaiku, pasti Akupun mencintainya, siapa yang mencari rahmatku, pasti rahmatkupun mencarinya, dan siapa ber istighfar kepadaku, pasti aku mengampuninya, berkat hormat Ramadhan, lalu Allah menyuruh malaikat mencatat amal, khusus dalam bulan Ramadhan supaya menulis amal kebaikan semata, tidak memcatat kejahatan, keburukan atau kesalahan mereka (umat Muhammad) dan Allah menghapus dosa dosa terdahulu bagi mereka".

Dari ibnu Abbas ra; "katanya, aku mendengar Rasul saw. bersabda: "Andai kata umatku tahu tentang sesuatu yang tersembunyi dalam bulan Ramadhan, niscaya mereka mengharapkan seluruh bulan dalam setahun menjadi bulan Ramadhan semuanya".

Dari Hafsh al-Kabuur  dari Daud Ath-Thai mendengar Rasulullah bersabda;  "Surga sangat rindu terhadap 4 macam manusia, yaitu;  Pembaca al-Quran, Pemelihara lidah, Pemberi makan orang yang lapar serta Mereka yang ahli puasa di bulan Ramadhan",  beliau juga bersabda; "Ketika awal hari (hilal) bulan Ramadhan telah nampak berseruhlah 'Arasy, Kursi allah, dan para Malaikat serta makhluk lainnya dengan keras, kata mereka;  Beruntunglah kalian umat Muhamad, dengan kemulyaan di sisi Allah SWT".

Karena segenap makhluk memohon ampun bagi mereka, mulai dari makhluk yang besar seperti Matahari, Bulan, Bintang, dan burung burung di langit, serta ikan ikan dilautan, hingga setiap hewan dan binatang melata di bumi yang bernafas, semua tiada tertinggal memohonkan ampun buat mereka diwaktu siang dan malam, kecuali syaitan terkutuk. Maka pagi- pagi tiada seorangpun dibiarkan hidup penuh dosa, mereka diampuni oleh Allah SWT. Sungguh amat mulianya bulan suci ramadan yang penuh dengan rahmat dan ampunan didalamnya.

Bahkan Allah SWT berseru pada malaikat; "Hadiahkanlah semua pahala sholawat dan tasbihmu selama bulan Ramadan bagi umat Muhamad saw".

Dari Umar bin Khatab ra, Nabi saw bersabda; " Di bulan Ramadhan, apabila seseorang terbangun dari tidurnya, lalu mengerakkan anggota tubuhnya diatas tempat tidurnya, maka malaikat berseruh; "Bangunlah segera, semoga allah memberkati dan memberi rahmat kepadamu", kemudian apabila ia tegak, hendak melakukan sholat, maka tempat tidurnyapun berdo'a, "ALLAAHUMMA A'THIHIL FURUSYAL MARFUU'ATA", yang artinya; "Ya Allah, gantikanlah tempat tidur yang bagus dan tebal baginya".

Ketika ia memakai pakaian, maka pakaianpun berdoa untuknya; "ya Allah, berikan pakaian yang indah dari sorga", pada waktu ia mengenakan sandal, maka sandalpun berdoa untuknya; "ya Allah tegakkanlah kedua kakinya diatas shirath kelak", dan ketika berwudhu', maka airpun berdoa untuknya; "ya Allah, bersihkanlah ia dari segala noda dan dosa", dan ketika diangkat kedua tangannya untuk bertakbir dalam sholat, maka rumahnyapun berdoa untuknya; "ya Allah, lapangakanlah kuburnya, dan terangkanlah liangnya, serta tingkatkanlah rahmat dan kasih sayangMu pada orang ini" Allahu Akbar.

Ada satu hikayah religi; "seorang pria bernama Fulan, selamanya belum pernah melakukan sholat sama sekali, kemudian di saat bulan Ramadhan tiba, tersentuhlah hatinya untuk bertobat dan beribadah kepada Alla SWT, semenjak awal bulan Ramadhan ia hiasi dirinya dengan pakaian yang indah dan harum haruman, ia kerjakan sholat dan berusaha mengqodhla sholat yang tidak perna ia lakukan selama hidupnya".

Tiba tiba datang seorang temannya dan bertanya padanya; "kenapa kau lakukan ini", lalu dijawabnya; "Ketahuilah teman, bahwa bulan ini adalah bulan Ramadhan, bulan bertaubat, bulan yang penuh dengan rahmat dan kebaikan, semoga demikian saya bertaubat dan beribadah sebagai layaknya manusia yang berusaha dan Allah SWT yang menentukan atas pengampuna dosa-dosaku".

Al- kisah si Fulan ini meninggal dunia sehingga kemudian, para temannya bertemu dalam mimpi dan ketika ditanya; "Balasan apa yang kau dapat dialam baqa' sana dari Allah SWT", dijawab oleh Fulan; "Allah SWT mengampuni segalah dosa-dosaku, berkat aku menghormati bulan suci Ramadhan, aku menyambutnya dengan Taubat serta beribadah didalamnya".

Dengan demikin kita dapat mengetahui seutas cerita yang membikin keyakinan semakin mantap akan keagungan di bulan ramadhan dan meneguhkan keinginan akan motifasi untuk berbuat baik lebih didalam bulan Ramadhan maupun setelah usai melaksanankan ibadah puasa.

Posting Komentar

0 Komentar