Recents in Beach

Pasang Iklan Di Sini

Ketahui Cara Daftar Kartu Prakerja 2023 Sangat Mudah

Ketahui Cara Daftar Kartu Prakerja 2023 Sangat Mudah

Bangsamahasiswa.com - Banyak yang menunggu dibukanya pendaftaran Kartu Prakerja 2023, karena banyak keuntungan yang bisa kamu dapatkan. Berikut Cara Daftar Kartu Prakerja 2023 lengkap dengan persyaratan pendaftarannya. Kartu prakerja merupakan program pemerintah yang akan dilanjutkan pada tahun 2023. Dengan demikian, peserta harus mengetahui tata cara dan persyaratan pendaftaran kartu prakerja. 

Seiring kasus kemerosotan pandemi Covid-19, program Kartu Prakerja tidak lagi dilaksanakan dengan skema bansos seperti yang dilaksanakan sebelumnya, melainkan dengan skema normal yang bertujuan untuk retraining dan reskilling. Pada tahap pertama, akan dialokasikan anggaran dana dengan besar anggaran Rp 2,67 triliun untuk mencapai target 595 ribu orang. Sementara untuk sisa target 405 ribu orang, Pemerintah akan segera mengajukan tambahan anggaran sebesar Rp1,7 triliun.

Pendaftaran kartu prakerja 2023 akan segera dimulai pada awal tahun ini. Demikian disampaikan Pelaksana Kartu Prakerja William Sudhana. Kartu Prakerja merupakan program pemerintah yang dibuat untuk mengurangi dampak Covid-19 terhadap tenaga kerja Indonesia yang terkena pemutusan hubungan kerja (PHK) atau yang membutuhkan peningkatan kompetensi. Program Kartu Prakerja sudah beroprasi mulai tahun 2020 dan akan tetap berlanjut pada tahun 2023. 

Hal ini mengacu pada opini Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto sebelumnya. Ada beberapa hal yang harus diketahui calon peserta yang akan mendaftar nanti saat dibuka. Salah satu hal yang perlu Anda ketahui adalah cara daftar akun Kartu Prakerja 2023.


Syarat Agar Dapat Mendaftar Kartu Prakerja

Sebelum masuk ke cara daftar kartu pra kerja, Anda perlu mengetahui apa saja syarat agar dapat mendaftar kartu prakerja. Persyaratan berikut harus dilengkapi oleh calon peserta. Harap perhatikan baik-baik.

  • Pastinya yang pertama adalah warga negara indonesia (WNI)
  • Usia minimal 18 tahun hingga maksimal 64 tahun.
  • Tidak sedang menempuh pendidikan formal.
  • Sedang mencari pekerjaan, pekerja/buruh yang di PHK atau pekerja/buruh yang sedang membutuhkan peningkatan dalam kompetensi kerja, seperti pekerja atau buruh yang di PHK dan pekerja bukan penerima upah, termasuk juga pelaku usaha mikro dan kecil.
  • Bukan penerima bansos lain di masa pandemi Covid-19.
  • Bukan Pejabat Negara, Pimpinan dan Anggota DPRD, ASN, Prajurit TNI, Anggota Polri, Kepala Desa dan perangkat desa serta Direksi/Komisaris/Dewan Pengawas pada BUMN atau BUMD.
  • Maksimal 2 NIK (Nomor Induk Kependudukan) pada 1 KK (Kartu Keluarga) yang merupakan Penerima Kartu Prakerja.


Cara Daftar Kartu Prakerja 2023 Sangat Mudah

Sebelum anda ingin mendaftar Kartu Prakerja, silahkan masuk terlebih dahulu ke halaman resminya dengan membuka browser dan ketikkan prakerja.go.id pada halaman browser anda kemudian silahkan pilih menu Daftar Sekarang. Ikuti cara di bawah ini untuk mendaftar Kartu Prakerja sebagai persiapan pembukaan angkatan 2023.

  • Buka situs resminya dan ketik prakerja.go.id kemudian cari.
  • Tunggu hingga Anda masuk ke halaman web dan jangan lupa untuk menyiapkan nomor Kartu Keluarga dan NIK Anda.
  • Setelah masuk ke halaman situs resmi  prakerja, silahkan masukkan data diri Anda dan ikuti petunjuk yang ada di layar.
  • Siapkan juga kertas dan alat tulis. Hal ini untuk mengikuti Tes Motivasi Dasar dan Kemampuan yang dilakukan secara online.
  • Klik tombol 'Gabung'.
  • Tunggu pengumuman peserta yang lolos angkatan di halaman dashboard prakerja.go.id.
  • Setelah mendaftar, Anda tinggal menunggu pengumuman hasilnya. Berikut langkah-langkah untuk melihat hasil pengumuman atau mengakses menu lainnya yang ada pada dashboard prakerja.
  • Buka website resminya kemudian ketik prakerja.go.id.
  • Login dengan alamat email dan kata sandi yang telah dibuat sebelumnya.
  • Ketik nomor verifikasi yang muncul di layar, klik 'Login'.
  • Setelah itu Anda sudah dapat masuk pada bagian dashboard pre employment. Di sana Anda akan bisa melihat gelombang yang lagi dibuka atau mengedit informasi akun di menu profil.


Peluang Kerja Pasca Program Kartu Prakerja

Dalam laporan Menko Perekonomian Airlangga Hartarto yang juga Ketua Panitia Cipta Kerja, keberhasilan Program Kartu Prakerja mendapat banyak tanggapan positif dari banyak forum internasional karena secara ilmiah mampu mendorong pembelajaran orang dewasa, pemberdayaan perempuan, inklusi keuangan, pengurangan ketimpangan, pengangguran dan kemitraan multi-stakeholder yang merupakan pilar tujuan pembangunan berkelanjutan (SDGs). 

Tidak berhenti sampai di situ, Kartu Prakerja juga memberi Anda kesempatan untuk mendapatkan pekerjaan nyata. Tidak sedikit pula yang terafiliasi dengan perusahaan atau pihak yang menyediakan lembaga pelatihan. Di akhir pelatihan, Anda akan menerima rekomendasi pekerjaan yang sesuai. Melansir dari situs Prakerja, Anda bisa melihatnya di halaman utama. Rekomendasi pekerjaan yang ditawarkan juga memiliki informasi yang lengkap. 

Termasuk kriteria, persyaratan, dan deskripsi pekerjaan. Bahkan, ada juga kisaran gaji yang akan didapatkan jika Anda diterima. Prakerja juga menyediakan fitur pencarian kerja. Jadi, Anda tidak hanya dibatasi oleh rekomendasi pekerjaan yang menurut Anda cocok. Anda bisa menggunakan mesin pencari di website atau aplikasi Prakerja untuk mengetahui lowongan pekerjaan yang Anda inginkan. Selain itu, Anda juga dapat memfilternya menggunakan 'filter'. 

Tujuannya menyesuaikan dengan minat dan kebutuhan masing-masing. Misalnya menetapkan lokasi, pendidikan, industri, gaji, dan jenis pekerjaan. Demikian penjelasan mengenai persyaratan pendaftaran Kartu Prakerja 2023. Selain itu, ada juga tahapan dan kesempatan mendapatkan pekerjaan setelah program dilaksanakan.

Demikian ulasan tentang ketahui Cara Daftar Kartu Prakerja 2023 sangat mudah semoga bermanfaat.

Posting Komentar

0 Komentar